Pindah Rumah

Image by mohamed Hassan from Pixabay
Reading Time: 2 minutes

Saya mulai menulis blog sejak tahun 2008. Blogger atau Blogspot adalah platform awal yang saya gunakan. Beberapa kali sempat berganti alamat blog. Mulai dari gratisan, domain default dari blogspot, sampai akhirnya coba-coba sewa custom domain. Bangkoor.com, adalah blog saya dengan custom domain yang pertama, yang bertahan hingga saat ini.

Bangkoor.com menjadi tempat saya menumpahkan unek-unek. Hingga sekitar tahun 2013-2014, semangat saya menulis blog mencapai puncaknya. Tujuan materi dari iklan yang jadi goal kebanyakan blogger, bukan menjadi tujuan saya saat itu. Saya lebih senang berbagi dan bertukar cerita dengan teman-teman sesama blogger, saat itu. Blogwalking menjadi aktivitas rutin hampir setiap hari. Saya punya banyak kenalan blogger yang masuk dalam list wajib kunjung setiap kali blogwalking. Update blog juga menjadi hal yang wajib menjadi rutinitas. Bahkan saya waktu itu membuat jadwal harus posting setiap 2 hari sekali. Pokoknya rajin sekali. Pagerank blog saya sempat menyentuh angka 3. Tanpa diharapkan pun, iklan adsense masuk. Pundi-pundi dolar pun muncul, walau nggak seberapa, dan nggak perlu disebutkan angkanya, malu saya.

Hingga akhirnya semangat mulai turun. Penyebabnya? Saya mulai fokus menulis thesis. Alasan aja sih sebenernya… Tapi akibatnya jelas, blog saya stop update. Hanya ditengok sesekali saja. Pagerank jeblok ke angka 0. Adsense pun minggat.

Di tengah terpuruknya blog saya itu, muncul niatan untuk pindah rumah. Bukan cuma pindah rumah, tapi juga ganti nama. Walaupun, terpuruknya blog saya bukan jadi penyebab utama saya ingin pindah rumah dan ganti nama.

Homepage BangKoor.com

Ya, bangkoor.com sudah aktif sejak 2009. Hampir 10 tahun saya ngeblog dengan identitas bangkoor, sebuah nama panggilan yang saya dapat dari teman-teman saat kuliah dulu. Bukan cuma alamat blog, bangkoor juga saya jadikan akun medsos saya. Mulai dari Facebook, Instagram, dan Twitter, semua saya pasangkan nama bangkoor pada username-nya. Bangkoor menjadi identitas saya. Rasanya jenuh juga, 10 tahun pakai nama itu. Tambahan lagi dengan status saya yang sekarang, rasanya nama itu terlalu alay.

Maka dari itu, saya mau (kerennya) rebranding diri. Menghilangkan label bangkoor, dan berganti nama pakai nama saya sendiri, Arif K Wijayanto. Nama pasaran. Karena itu saya ingin saya jadi Arif K Wijayanto yang paling dikenal di dunia maya. Huahaha… Yap! akwijayanto.com, saya pilih menjadi alamat blog saya yang baru ini.

Bukan hanya alamat blog, tapi juga nama akun medsos lainnya akan saya ubah menjadi akwijayanto.

Hal lain yang mendorong saya pindah rumah adalah fakta bahwa dari awal ngeblog saya istiqomah dengan platform Blogger. Sebuah platform blogging yang akhirnya dipunyai Google. Satu hal yang membuat saya jengah dengan Blogger adalah saya merasa Google tidak memperhatikan dengan baik. Untuk sekelas platform besutan Google, kualitas Blogger nggak berkembang, gitu-gitu aja. Itu yang saya rasakan. Rasanya sulit sekali disamakan dengan platform blogging lainnya semacam WordPress. Bukan WordPress versi self-hosted, tapi WordPress.com. Sorry to say, Google!

Ngomong-ngomong WordPress, saya sudah lama juga mengenal platform ini. Mulai dari WordPress.com, sampai yang versi self-hosted. Hanya memang saya belum pernah pakai untuk personal. Saya selalu pakai WordPress self-hosted untuk website company profile, olshop, dll. Saya belum pengen pakai WordPress untuk blog personal.

Kenapa?

Lebih karena faktor males ngerawat, dan bayar hosting. Hihi…

Sampai akhirnya saya putuskan pindah ke WordPress untuk blog pribadi. Lahirlah blog ini. Blog WordPress pertama saya!

Blog ini akan saya isi dengan materi yang agak berat. Terkait dengan GIS, Remote Sensing, drone, dan IT yang masih ada kaitannya dengan geospasial. Sesuai dengan bidang yang sedang saya geluti. Sesekali mungkin ada selipan opini dan artikel bebas. Yosh! Semoga istiqomah!

BangKoor.com sendiri akan tetap aktif dan bisa diakses. Sesekali juga saya akan update post disana. Hanya mungkin akan lebih untuk tulisan ringan dan bebas.

Anyway, mari kita mulai kembali 🙂

Share

Arif K Wijayanto

Arif is lecturer and researcher based in Faculty of Forestry, IPB University. He is interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *