Pre Flight Check List Template untuk Drone DJI

pre flight check list
Saya dan DJI Inspire 1 dengan payload DJI Zenmuse XT
Reading Time: 2 minutes

Seperti halnya menerbangkan pesawat terbang penumpang, menerbangkan drone atau UAV juga butuh kehati-hatian. Hal ini penting karena segala kesalahan saat menerbangkan drone tidak hanya berpotensi membahayakan unit drone itu sendiri, tetapi juga pengguna ruang udara lainnya. Selain tentunya sebagai langkah preventif menghindari kerugian akibat rusak atau hilangnya drone, yang harganya tidak murah. Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan SOP menerbangkan drone. Salah satu prosedurnya adalah pre flight check list atau daftar periksa pra terbang.

Pre flight check list adalah hal biasa di penerbangan sipil berpenumpang. Sebelum terbang, pilot dan co-pilot (atau sekarang diistilahkan dengan 1st officer) harus mengisi daftar periksa yang sudah disiapkan. Tujuannya untuk memastikan semua komponen penting sudah sesuai dengan yang direkomendasikan. Ini juga untuk menghindari human error akibat pilot lupa menjalankan prosedur tertentu. Nah, hal yang sama juga sebaiknya diterapkan oleh pilot drone. Pilot drone harus punya check list sesuai dengan tipe drone yang akan diterbangkan, yang harus diisi sebelum menerbangkan drone. Tentunya check list untuk drone tidak sedetail pre flight check list untuk pesawat berpenumpang.

Nah, saya coba menerapkan prosedur ini untuk setiap penerbangan drone di lab kami. Tujuannya tentu agar setiap penerbangan tercatat sehingga nantinya akan dapat dengan mudah ditelusuri jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

pre flught check list template untuk dji mavic

Lab kami punya beberapa unit drone, mulai dari quadcopter sampai fixed-wing. Dari tipe quadcopter, semua adalah produk DJI. Sedangkan tipe fixed-wing adalah produk dari Quantum-systems. Drone fixed-wing yang punya daya jelajah lebih tinggi dan lebih jauh, tentunya sudah harus menerapkan check list. Quantum-systems sebagai produsen sudah menyiapkan lembar check list khusus. Untuk produk DJI, sependek yang saya tau, belum ada lembar khususnya.

 

Karena itu saya coba membuat sendiri check list untuk drone yang kami punya. Tentunya sudah disesuaikan dengan penggunaan kami, dan payload yang biasa kami gunakan. Jika anda perlu, anda bisa jadikan pre flight check list yang saya buat ini sebagai template yang bisa anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan kerja anda.

 

Share

Arif K Wijayanto

Arif is lecturer and researcher based in Faculty of Forestry, IPB University. He is interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *