Konversi Data GPS Geodetic T02 Menjadi RINEX

Reading Time: < 1 minute

Pada tulisan sebelumnya, saya sudah berbagi cara untuk mengolah data GPS Geodetic dengan metode post processing menggunakan CORS. Pada tulisan itu, saya menggunakan data RINEX yang dapat langsung digunakan di INA-CORS. Pada saat kita mengukur di lapangan dengan menggunakan perangkat GPS geodetic merk Trimble, file yang akan kita dapatkan adalah file berekstensi .T02. Tentunya file ini tidak dapat langsung digunakan di INA-CORS. Pada tulisan kali ini, saya akan menunjukkan cara konversi data GPS geodetic T02 menjadi RINEX.

Software yang dapat digunakan adalah Convert To Rinex Utility buatan Trimble. Anda dapat mengunduh file installer-nya disini:

 

Data contoh yang digunakan dapat anda unduh disini:

 

Selanjutnya silakan install software yang telah anda unduh. Jika sudah diinstall, silakan buka lalu anda akan mendapatkan tampilan awal seperti ini:

converttorinex

Klik pada menu File, lalu Open. Silakan cari file T02 yang telah anda download. Lalu software akan melakukan proses scanning. Tunggu hingga proses selesai, ditandai dengan tulisan Complete! dan data-data header dan antena ditampilkan seperti berikut:

Lalu klik pada menu File, lalu pilih Convert Files. Proses konversi data T02 menjadi RINEX akan berjalan. Dan ketika proses selesai, data RINEX akan tersimpan pada direktori yang sama dengan data T02.

Data RINEX yang dihasilkan dari proses konversi menggunakan software ConverToRinex ini terdiri dari 4 file dengan ekstensi yang berbeda yaitu: *.20o, *.20c, *.20g, *.20n. File yang anda butuhkan untuk diproses di INA-CORS hanya file dengan ekstensi *.20o saja. Anda dapat mengupload data ini ke website INA-CORS.

Itulah cara Konversi Data GPS Geodetic T02 Menjadi RINEX. Jika ada yang ingin anda tanyakan, mari kita diskusi.

Share

Arif K Wijayanto

Arif is lecturer and researcher based in Faculty of Forestry, IPB University. He is interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *