Menjadi Mahasiswa (lagi)

Reading Time: < 1 minute

Setelah melepas status mahasiswa kira-kira 4 tahun lalu, akhirnya di tahun 2021 ini, saya kembali menjadi mahasiswa (lagi). Itu setelah secara resmi saya menerima acceptance notification dari Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) tertanggal 20 Desember 2020. Saya lolos seleksi beasiswa S3 JSPS Ronpaku program untuk fiscal year 2021. Dan akan memulai perkuliahan pada April 2021. Alhamdulillah.

Sebelumnya saya pernah bagikan informasi tentang beasiswa S3 sandwich-like ke Jepang. Nah, saya juga mendaftar beasiswa itu. Setelah mendapat rekomendasi dari sensei di Jepang. Karena memang beasiswa itu mensyaratkan pendaftaran harus dilakukan setelah mendapat calon pembimbing di Jepang. Bahkan, seluruh proses pendaftaran dilakukan oleh calon pembimbing di Jepang.


Itulah notification letter yang saya terima melalui advisor saya di Jepang. Dengan adanya surat itu, artinya saya sudah secara resmi menjadi penerima beasiswa dan berhak melanjutkan studi di Jepang, tepatnya di Chiba University.

Studi yang saya rencanakan bersama pembimbing adalah tentang pengembangan multi sensor untuk mendukung program asuransi pertanian di Indonesia. Beasiswa ini mensyaratkan masa studi maksimal 3 tahun. Artinya, saya harus lulus pada tahun 2024.

Tapi…

Pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, setidaknya sampai tulisan ini dipublish, berdampak pula pada studi saya. Hingga kabar terbaru, masa studi saya di-extend 1 tahun sampai tahun 2025. Tawaran yang kemudian saya terima, karena tentu saya itu menguntungkan saya. Dengan demikian, saya jadi punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan studi.

So, wish me luck! Bismillah!

Share

Arif K Wijayanto

Arif is lecturer and researcher based in Faculty of Forestry, IPB University. He is interested in research related to geoinformatics, WebGIS, and UAV/drone

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.