Category: Campus Life

Tatap Muka yang Dirindukan

Kegiatan praktikum MK Analisis Spasial Lingkungan, di ruang Smart Classroom
Reading Time: 2 minutes

Makhluk kecil yang berdampak besar. Corona Virus, dengan Corona Virus Disease (COVID-19), penyakit yang disebabkannya. Dampaknya sedunia. Semua lini kehidupan dibuat pusing olehnya. Dari bisnis liliput, sampai korporat raksasa. Semua lumpuh. Tak terkecuali, dunia pendidikan.

Dua tahun lebih kami merasakan perkuliahan online. Kami dipaksa makhluk mungil “menggemaskan” itu untuk tatap muka secara virtual. Semua jadi sangat tergantung dengan teknologi. Permintaan pasang baru internet di rumah tangga jadi meningkat drastis. Semua siswa sampai mahasiswa jadi harus berhadapan dengan layar laptop seharian. Satu hal yang mungkin sebelumnya belum tentu mereka lakukan, di masa normal. Dulu. Continue reading…

Pergulatan Hati Seorang Dosen

dari thesewaneepurple.org
Reading Time: 3 minutes

Semester lalu, saya mengajar beberapa mata kuliah. Salah satunya adalah mata kuliah untuk mahasiswa semester 3, tentang pemetaan, SIG, dan UAV. Pada mata kuliah ini, saya mengisi beberapa pertemuan saja, karena menggunakan sistem team teaching. Saya mengisi 1 pertemuan pada sesi sebelum UTS, dan 6 pertemuan pada sesi setelah UTS. Karena mata kuliah ini adalah untuk mahasiswa semester 3, saya dari awal sudah berpikir agar mata kuliah ini sedapat mungkin disukai oleh mahasiswa. Why? Karena di kampus saya, mahasiswa semester 3 adalah mahasiswa yang baru saja memasuki program studi sebenarnya, setelah sebelumnya mereka belajar di tingkat 1 dengan mata kuliah dasar umum. Lagipula, mata kuliah ini adalah mata kuliah yang baru diberikan. Mereka adalah mahasiswa pertama yang mengambil mata kuliah ini. So, kami ingin memberikan kesan terbaik pada mata kuliah ini.

Continue reading…

Menjadi Mahasiswa (lagi)

Reading Time: < 1 minute

Setelah melepas status mahasiswa kira-kira 4 tahun lalu, akhirnya di tahun 2021 ini, saya kembali menjadi mahasiswa (lagi). Itu setelah secara resmi saya menerima acceptance notification dari Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) tertanggal 20 Desember 2020. Saya lolos seleksi beasiswa S3 JSPS Ronpaku program untuk fiscal year 2021. Dan akan memulai perkuliahan pada April 2021. Alhamdulillah.

Continue reading…